Sharing di Hari Natal,,,,, Merry Christmas buat yg merayakan

Pagi hari waktu memanaskan mesin si CabeRawit, yg telah istirahat 10 hari tidak di hidupkan pas pagi tadi saya hidupkan ternyata ada bau bensin yg sangat terlalu,
Akhirnya saya putuskan untuk mengecek mesin sbb:

1. Buka saringan karbu hasilnya karbu bagus tidak banjir bensin
2. Buka selang hitam yg menyambung dari mesin ke filter (slang uap mesin) 


Dari point 2 saya dapati bensin banyak keluar dari sana: akhirnya saya putuskan bahwa mesin di kop banyak bensin pasti dari membran yg masih orisinil dri th 86,, terus saya buka dan ternyata karet membran RETAK (lingkar merah),, hadehhhhh si CabeRawit perlu kado NATAL trs saya tanyakan toko sparepart alhasil didapati dengan harga 420rb (SGP, komplit),, tapi saya hanya butuh karetnya saja tpi toko tsb tidak menjualnya terpaksa pagi ini sy keliling toko sparepart,,,,

Penyelesaian kasus Membran Bensin: 

Setelah di bedah karena tempatnya n bautnya keras jadi perlu di perhatikan yg diperlukan:

1. Kunci Pas 10-12, kunci ring 12, konci Sok 12
2. Seal tip(untuk pipa ledeng)
3. Kertas paking
4. Oli 6 liter (3 utk kuras, 3 utk finishing)
5. Tentunya spare part Membran nya
6. Gasket seal high temp, 

Setelah dipasang usahkan agar gigi nanas delco jangan geser pemasangannya
Untuk spare part;

1. Membran Komplit SGP 485 rb
2. Membran Taiwan komplit 165 rb
3. Membran saja SGP 195 rb
4. Membran saja Twn 25 rb 

Untuk perbedaan harga pasti ada perbedaan umur membran SGP bisa 3-5th, Taiwan hanya 1.5-2 th, kendala kalau tidak diganti/kelamaan oli mesin bercampur bensin,,, mesin bisa kering trs macet,, yg rusak seher baret, metal duduk n metal jalan baret, stang seher bengkok
Setelah dipasang buang oli yg di dalam mesin yg tercampur bensin lalu ganti dgn oli baru trs stater/hidupkan mesin dan diamkan dengan mesin stationer / langsam lalu kira-kira 1 jam buang oli yang tadi setelah itu ganti dengan oli yang baru,,, kalau knalpon mengeluarkan asap putih jangan panik karena itu asap dari sisa pembakaran yang masih tercampur,,,, Semoga bermanfaat buat pengguna Forsa khususnya rekan2 SFCI,,,,,,,

demikian sharing dari Om Jufri Broto SFCI 031

Tambahan cara deteksi kalau membran bensin pecah

  1. Liat indikator oli di colokan klo encer dan tercium bau bensin itu tercampur
  2. Buka tutup oli di kop mesin colok dgn jari telunjuk (mesin keadaan mati) asal terkena oli aja lalu gesek dgn jari jempol apabila encer/tidak kental itu pertanda tuhh
  3. Selang hitam yg di kop atas yg menyambungkan ke saringan karbu coba cabut apabila keluar bensin itu udah positif ruang oli mesin tercampur bensin,,,