1. Cabut delco dari Engine. Sebelum mencabut delco usahakan delco pada posisi TOP 1. Hal ini dapat dilakukan dengan membuka tutup delco lalu memutar pulley crank saft sehingga rotor delco menunjuk pada terminal 1 pada tutup delco. Di tutup delco biasanya terdapat angka 1 – 3 – 4- 2. di balik tutup delco ini terdapat terminal dari logam.Untuk mendapatkan Top 1 arahkan pointer rotor delco ke arah terminal tutup delco nomer 1.
  2. Buka Vacuum advance atau vacuum delco, buka rotor, buka point breaker atau piringan platina, buka baut kondensor , buka kondensor.
  3. PENTING !!!!!Pasang kembali rotor, arahkan rotor ke top 1 kembali, setelah top 1 lagi tandai gigi delco dengan tipe x atau cat sehingga ketika dilakukan pemasangan cam yang baru tidak memusingkan. Yang di beri tanda adalah gigi delco dan rumah delconya, diberi tanda garis sehingga nanti ketika memasang cam delco yang baru garis ini harus segaris dan rotor menunjukan top 1 kembali.
  4. Buka Cam delco dengan cara membuka baut ditengah2 delco. Sebelum membuka cam delco congkel karet penutupnya warna hitam di tengah2 delco. Sebelum menarik cam delco lepaskan pegas atau per pengatur governornya. (ada 2).
  5.  Pasangkan kembali cam delco yang baru tanpa dadu CDI. Ingat paskan garis tanda pada gigi delco yang sudah di buat sebelumnya kemudian rotor delco menunjuk pada top 1.pada saat ini belum perlu di baut dan di pasang per-nya. Karena akan dicopot kembalil.
  6. Pasangkan piringan platina yang baru beserta cdi nya. Belum perlu di baut. Hanya sementara.
  7. Pasangkan vacuum advance / vacuum delco pada tempat pengaitnya , pasangkan baut vacuum delco.
  8. Agar cdi dapat berfungsi secara sempurna lakukan settingan timing dadu pada cam delco dengan cara : Arahkan Cam delco pada top 1, pasang sementara dadu CDI , Saat Top 1 ini salah satu dari 4 sudut dadu CDI harus bertemu dengan Sensor Hall dari CDI. Hanya salah satu saja yang diarahkan maka yang lain akan sesuai dengan otomatis.
  9. Setelah menentukan arah dadu CDI yang benar maka tandai letak dadu cdi tersebut, Sedangkan pemasangan Dadu CDI yang sebenarnya dilakukan dengan posisi cam delco di buka kembali.
  10. Sebelum mencopot cam delco kembali, tandai rumah delco yang akan di Bor sesuai dengan kebutuhan lubang dari CDI tersebut. Biasanya kami hanya mengambil satu lubang saja untuk di baut, hal ini sudah cukup. Tetapi jika anda ingin sempurna maka tandai kedua lubang baut yang diperlukan.
  11. Lakukan pemasangan dadu CDI pada cam delco sesuai dengan arah yang sudah di tandai pada langkah 8 diatas. Ketok dadu CDI dengan lembut sampai sisi atas dadu CDI rata dengan sisi atas lingkaran Cam delco. Pastikan Dadu CDI di pasang sesuai dengan petunujuk 8.
  12. Lakukan pengeboran yang diperlukan.
  13. Pasang kembali Cam delco yang sudah terpasang dadu CDInya, kali ini jangan lupa memasang pegas atau per-nya dan jangan lupa memasang baut tengahnya. Jika sudah selesai mengencangkan tutup kembali lubang tengah dari delco tersebut dengan karet penutupnya.
  14. Lakukan pemasangan piringan platina di sertai dengan pemasangan pengikatnya di kiri dan di kanan. Bersamaan dengan itu lakukan pengeluaran kabel cdi dari delco melalui lubang yang sudah dibuat.
  15. Lihat jarak antara sensor hall dengan sudut dadu cdi. Jangan sampai terjadi persentuhan. Jarak yang ideal adalah 1mm atau setebal kertas pembungkus rokok. Jika anda ingin melakukan adjustment dapat dilakukan dengan mengendurkan 2 baut obeng kembang yang mengikat sensor hall di piringan platina. Lakukan penyetelah jika sudah pas jangan lupa untuk mengencangkan kembali kedua baut tersebut.
  16. Lakukan pemasangan vacuum delco disertai dengan pemasangan sepih vacuum delco.
  17. Lakukan pemasangan baut cdi yang sudah di buat lubangnya tadi di sisi dari delco.
  18. Sambungkan kabel yang berwarna hitam ke kabel yang sebelumnya ke kondensor.
  19. Sambungkan kabel yang berwarna belang (hitam kuning) ke terminal koil plus.
  20. Pasang delco pada tempatnya , arahkan ke top 1 sesuai dengan pencabutannya.
  21. Pasang tutup delco.
  22. Start the engine
  23. Lakukan penyetelan atau adjust foor atau naa…
Tutorial ini dipersembahkan oleh Om Suzuki Forsa Moderator SFCI