Dari Rubrik Info Sana - Info Sini Oleh Pakdhe Darto

Kali ini membahas dan menulis artikel tips dan cara mencegah agar dinamo amper tidak bermasalah. Terdapat hubungan yang tidak langsung antara kerusakan dinamo ampere atau alternator dengan mobil tidak bisa di stater. Dinamo Ampere mobil yang bermasalah atau tidak bekerja dengan semestinya akan mengakibatkan terhentinya suplai listrik ke Aki saat mesin hidup yang pada akhirnya aki akan kehabisan energi listrik(setrum) dan mobil tidak bisa di stater setelah mesin di matikan.

Dinamo Ampere sendiri jarang terjadi kerusakan dan kalaupun ada hal tersebut karena usia dan keausan pada komponen terutama carbon brush yang telah habis ini pun butuh waktu yang lumayan lama berada di kisaran kilometer tempuh mobil 180 ribu kilometer.

Seperti pada umumnya rata-rata karbon brush mau habis untuk Dinamo Amper Produk Denso contohnya ketika memasuki interval servis tertentu dengan jarak tempuh 180 ribu kilometer. Kita tidak menggunakan waktu karena jarak tempuh tiap kendaraan berbeda tiap harinya.

Berikut beberapa tips dan cara mencegah agar Dinamo Ampere Agar tidak bermasalah dan mengganggu perjalanan kita.

1.Periksa kekencangan belt Alternator

Cek kekencangan belt Dinamo Ampere jika mobil masih menggunakan penyetelan kekencangan belt Dinamo Ampere secara manual , tetapi hal ini tidak berlaku jika mobil menggunakan tensioner yang secara otomatis akan mengatur kekencangan belt alternator.

2.Pastikan Kabel Aki Positif Negatif nya Terpasang Dengan Benar

Hal ini biasanya hanya terjadi ketika kita mengganti aki mobil dengan aki baru, perlunya memastikan terminal aki ini tidak terbalik untuk mencegah kerusakan komponen Alternator terutama Diode Rectifier atau putus sekring Alternator. Karena itu saat ganti accu kita harus perhatikan tanda (+) dan ( - ) yang ada di sebelah terminal aki, lihat juga besarnya kepala Aki, kepala Aki Positif lebih besar dari yang negatif.

3.Menghindari Kabel B+ atau Positif dinamo Ampere bersentuhan langsung dengan Body

Secara teknis kabel plus atau positif alternator jika bersentuhan dengan body tidak akan merusak Dinamo Ampere, tetapi akan memutus sekring Alternator yang berfungsi sebagai pengaman hubungan singkat atau konslet.

4.Lakukan Pemeriksaan Berkala test Kemampuan Dinamo Amper

Pemeriksaan berkala terutama saat jadwal servis ini penting untuk mengetahui kemampuan Dinamo Amper dalam mensuplai arus listrik untuk kendaraan. Terutama pemeriksaan saat Dinamo Amper mendapatkan beban penuh diantaranya saat hidup ac dan hidup lampu besar secara bersamaan,apakah dinamo Amper ini sanggup melayani beban tersebut tanpa mengalami drop voltage terlalu banyak.

Alternatif Jika terjadi Kerusakan pada Dinamo Amper
Mungkin sebagian dari kita ada yang bertanya bolehkah jika Dinamo Isi atau Alternator pengisian aki mobil rusak diperbaiki? Bagian-bagian tertentu pada dinamo ampere jika mengalami kerusakan memang bisa diperbaiki diantaranya adalah carbon brush habis, bearing atau laher bunyi, dioda rectifier putus, rotor slip ring yang aus.

Sedangkan bagian yang tidak bisa diperbaiki pada dinamo Ampere adalah jika kerusakan terjadi pada IC regulator untuk hal ini cara mengatasi dengan mengganti IC regulator nya.

Tips Jika Dinamo Amper Rusak dan Tidak Tersedia IC regulator
Beberapa pilihan jika terjadi kerusakan pada Dinamo Ampere yang bisa di lakukan jika spare part IC regulator tidak ditemukan,diataranya:
1.Mengganti Dinamo Ampere yang baru dan sama spesifikasi dan ukuran nya
2.Alternatif kedua bisa memilih Dinamo Rekondisi.

Alternator rekondisi atau alternator rebuild adalah Alternator bekas mobil yang telah diganti komponen yang rusak atau diperbaiki sehingga secara fisik akan terlihat seperti baru, kalau kita tidak tahu akan menganggap sebagai Alternator Baru. Membeli alternator second atau rekondisi ada untung dan ada pula ruginya.

Keuntungan kita membeli alternator atau dinamo isi rebuild atau rekondisi sudah jelas akan mendapatkan harga murah, harga alternator rekondisi ini bisa berkisar antara 400 sampai 600 ribu atau ada yang sampai 1,5 juta rupiah. Dapat kita bayangkan harga Alternator rekondisi bisa lebih murah dari pada harga IC regulator asli bawaan pabrik (genuine).

Tetapi terkadang membeli alternator rekondisi kita rawan dengan kerugian yang akan kita alami, misalnya baru di pakai untuk hidupkan mesin Alternator rebuild ini sudah mati atau rusak.

Karena itu kalau beli Dinamo Rekondisi pastikan minta garansi kepada penjual nya,penjual atau toko tempat beli Dinamo Rekondisi juga akan memahami.

Ciri-ciri Dinamo Ampere Rebuild atau Alternator rekondisi:
1.Secara fisik terlihat baru
2.Baut dan Mur baru
3.Puli Baru karena di Cat Ulang
4.Gulungan kawat dinamo terutama Stator Coil baru karena digulung ulang
5.IC regulator baru
6.Dioda rectifier baru
7.Bagian yang mungkin tidak bisa diganti adalah Casing Alumuniumnya
8.Terdapat tulisan "Recondition" di body Dinamo

Semoga bermanfaat beberapa tips mencegah agar kita tidak direpotkan oleh masalah Dinamo Amper Mobil.

Catatan Tambahan :

kalau emang rusak IC nya sama gulungan rotor ato stator, mending tuker tambah aja dengan yang baru. tapi lihat pas tes barang yang baru kalo IC harus diukur pake resistan ada yg harus gerak ada yang enggak ini saya yg kurang paham. mungkin ada yang bisa kasih pencerahan. kl gulungan stator sama testnya dg gulungan motor biasa tp kl gulungan rotor dikasih tegangan kl gulungan bagus harus ada bunga api warna biru. kl yg jelek warnanya sudah merah dan kecil. itu harganya lebih murah kl tuker tambah, IC sekitar 150 - 200 rb gulungan rotor 150 rb stator gulung sendiri palingan 50 rb. bearing paling mahal 25 rb.