Dari Rubrik Info Sana - Info Sini

Periksalah ,..!!

Ban dan Velg
Periksa kondisi kembang ban. Keausan dapat terjadi pada komponen ini karena ia berhubungan langsung dengan jalanan. Kemudian velg. Penyangga ban ini juga tak kalah menyumbang getaran. Maklum, kemungkinan velg terbentur dan membuatnya penyok dapat mengganggu kenyamanan. Untuk mengeceknya dapat dilakukan dengan cara balancing.

Ball Joint
Komponen ini memudahkan kelancaran saat memutar kemudi. Bila sudah oblak atau aus dapat mengganggu kenyamanan mengemudi. Untuk mengeceknya, pegang roda secara vertikal. Tangan kiri di atas ban (jam 12) dan tangan kanan di bawah ban (jam 6). Gerakan ke depan dan belakang. Jika terasa oleng, dapat dipastikan bahwa telah terjadi kerusakan pada ball joint.

Bearing
Komponen berbentuk pelor ini tugasnya memudahkan kelancaran gerak roda. Bila terganggu, juga turut menyumbang ketidakstabilan roda. Cara ngeceknya, dongkrak roda dan putar roda. Rasakan apakah lancar atau tidak. Bahkan jika sudah parah, roda akan terasa oblak jika digoyang-goyangkan.

Tierod dan Long Tierod
Untuk mengecek keausan pada tierod dan long tierod dapat dilakukan dengan cara memegang roda secara horizontal. Tangan kiri di kiri ban (jam 9) dan tangan kanan di bawah ban (jam 3). Gerakan ke depan dan belakang. Bila terjadi keausan maka dapat terlihat gerakan berlebih pada kedua komponen ini.

Batang Rack
Dalam rumah racksteer terdapat batang rack, pinion, bearing, dan bushing. Komponen ini jarang diperiksa karena posisinya sulit dijangkau. Untuk memeriksa secara sederhana dapat dilakukan dengan cara seperti memeriksa tierod. Namun sebaiknya dilakukan dengan cara membongkar rumah racksteer. Cara ini lebih jitu karena langsung melihat komponen-komponen yang aus di dalam rumah racksteer.