TIA adalah pemanfaatan Transistor khusus yang hanya digunakan dalam pengapian kendaraan sebagai trigger pada koil. Sehingga menghasilkan pengapian yang sempurna, lebih biru dan meningkatkan performa mesin.

1.Dengan TIA platina hanya sebagai trigger untuk TIA. Dengan kata lain platina hanya sebagai sensor yang tidak bekerja berat menyalakan koil. Maka kontak dan permukaan platina tidak akan aus dan bopeng karena tidak ada percikan bunga api akibat menyalakan koil
2. Maintenance free, mengurangi interval anda ke bengkel karena hanya ingin tune up. berasa tarikan mulai berat....tidak akan berasa lagi dengan TIA
3. Dengan TIA menghidupkan mobil dipagi hari lebih mudah , karena walaupun platina lembab atau kotor tetap dapat mentrigger TIA dan Transistor ingnition amplifier ini dengan mudah menyalakan mobil anda.
4. Dengan TIA pengapian lebih sempurna, output koil lebih maksimal terlepas dari masalah klasik, platina tipis, platina habis, platina gompal atau platina kotor.
5. Dengan TIA meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar hingga 5-10%
6. Dengan TIA akselerasi lebih cepat
8. Dual transistor driver membuat pengalaman mengendarai kendaraan lebih nyaman dan lebih responsif
9. PEnggunaan Transistor Khusus Aplikasi pengapian kendaraan , Penggunaan pertama kali pada mercy 230,250 dan 280SL
10.Transistor TIA dapat menahan hingga 15A, rata-rata pengapian membutuhkan ketahanan di kisaran 2 - 4 Ampere.
11.Emisi gas buang menjadi lebih ramah lingkungan

Cara kerja TIA :

Tia menggunakan kontak point platina sebagai trigger (nb : tidak membutuhkan arus yang besar) ketika platina menutup maka Transistor driver menjadi aktif yang secara simultan mengaktifkan transistor ignition. dengan seketika spark atau bunga api tercipta di busi.

TIA di design dengan transistor driver frekuensi tinggi dan menggunakan dua driver transistor sehingga menghasilkan output yang optimal dan mampu menghasilkan “High speed Spark”

Ditulis Oleh : Suzuki Forsa Moderator SFCI