Sesuai dengan Yang dijadwalkan acara Deklarasi akan dimulai pada pukul 07.00 tapi ada sedikit kemunduran karena banyak juga yang dari luar kota. Sekitar pukul 07.30 banyak anggota SFCI yang sudah mulai berdatangan. Diantaranya dari Tangerang, Karawang, Cikarang dan sekitarnya, kemudian rombongan dari jakarta yang melakukan konvoi dari rest area pertama dari arah jakarta. Disusul kemudian anggota yang dari bandung serta anggota yang datang jauh-jauh dari jawa tengah yang semaleman nginap di rest area.

Saat semua anggota yang mengikuti deklarasi SFCI sudah kumpul dan ramah tamah pagi dilakukan dengan cukup meriah dengan penuh kekeluargaan karena anggota banyak yang datang dengan anak istri sehingga acara deklarasi seperti acara keluarga besar suzuki forsa, acara dilanjutkan dengan diskusi santai di saung paling luas yang ada di rumah makan alam sari ini.
Acara dibuka oleh sang moderator dengan gaya bicaranya yang santai, menyampaikan beberapa kalimat pembuka, lalu menyampaikan alasan dan tujuan dibentuknya SFCI dan Terakhir menyampaikan visi dan misi dari SFCI.

Setelah sambutan oleh moderator dilanjutkan dengan diskusi santai tentang Suzuki Forsa. Bagaimana melakukan perawatan, bagaimana melakukan service agar forsa kita bisa nyaman dan enak dikendarai. Beberapa anggota yang menyampaikan tipsnya sangat bagus dan menarik, dari moderator Om 001 bisa banyak belajar tentang kelistrikan forsa, dari Pakde Darto kita banyak belajar tentang perawatan mesin dan kaki-kakinya. Bahkan banyak anggota yang memiliki beberapa pengalaman unik tentang perawatan forsa mereka. Dan tidak lupa kalo masalah bongkar renovasi dan modifikasi om bhima bisa dijadikan acuan dan tipsnya dalam modifikasi forsa. Pada saat deklarasi juga banyak memberikan tips kepada peserta deklarasi. Deklarasi berjalan dengan santai sambil ngemil makanan oleh-oleh khas jawa tengah dari om Heri beserta calon dan om novian beserta ibu novian (notulen lupa nama istri om novian).

Setelah diskusi tentang tips seputaran forsa acara dilanjutkan membahas rencana kedepan dari Suzuki Forsa Comunity Indonesia. Setelah banyak pembahasan dengan berbagai pertimbangan akhirnya dicapai beberapa hasil deklarasi diantaranya Hari Berdirinya SFCI adalah tanggal 02-12-2012, pemasangan stiker register sebagai tanda anggota, lalu akan membuat kaos sebagai tanda anggota SFCI, SFCI adalah komunitas yang dibentuk berdasarkan kesamaan sebagai pemilik suzuki forsa yang santai tetapi tetap memiliki komitmen bersama. Pembentukan resmi moderator SFCI dan Administrator untuk Forum Group serta Koordinator di tiap daerah.

Acara diskusi dipotong sebentar untuk makan siang dengan menu yang sempurna untuk acara makan siang, thanks to Om Agus dan Om bagyo yang telah memilih tempat, karena makanannya enak banget pas dilidah (itu kata ibu-ibu yang berbisik-bisik lho om saya hanya menyampaikan saja). lalu acara dilanjutkan kembali untuk beberapa hal yang sangat penting untuk disepakati bersama. Setelah acara deklarasi selesai anggota kembali ke kendaraan masing-masing untuk melakukan foto-foto bersama, walau sempat diguyur hujan kecil anggota tetap asyik untuk kumpul bareng. Foto-foto bareng sambil lihat sparepart yang di bawa om bhima (thanks to Om Bhima yang sudah obral sparepart sehingga kami tidak susah-susah cari barang kebutuhan forsa kami), acara foto-foto dilanjutkan mulai foto bersama lalu foto mobil dan pemilik serta mengambil foto-foto yang menarik lainnya.

Oh ya ada yang menarik di deklarasi forsa ini ternyata Ada sebuah Suzuki Forsa GTI limit edition yang ikut hadir di acara ini, menariknya menurut informasi hanya ada 5 mobil suzuki forsa GtI di indonesia lho. Wuih bangga banget ngelihatnya.

Sehabis acara foto-foto dan bago-bagi oleh-oleh dari jawa tengah acara dilanjutkan dengan konvoi keliling kota delta mas. 20 mobil melakukan konvoi jadi pemandangan yang menarik sekali. Banyak juga orang yang melihat dan memperhatikan SFCI bisa membikin acara sedemikian menarik sungguh bangga sekali. Dan saya juga yakin semua anggota deklarasi pasti pulang dengan membawa kenangan dan cerita indah yang akan selalu diingat pada acara deklarasi ini.

Setelah konvoi memutar di kawasan Delta Mas kami semua langsung menuju arah Tol untuk Pulang ke daerah kami masing-masing. Sebagian menuju tol jakarta dan sebagian menuju arah tol cikampek dengan lambaian tangan dari kami semua beserta keluarga terucap kata sampai jumpa lagi dilain acara dan kesempatan.

demikian Sdr .Teguh Satriya Raharja menulis catatan ini dan melaporkannya untuk semua forsa mania , sampai jumpa di laporan event SFCI berikutnya ..salam SFCI.